Dalam
pekerjaan apapun sangat dibutuhkan yang namanya Softskill. Soft skill adalah
suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap
manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis,
artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , softskill
ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
Yang
dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk
kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri,
dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu
berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.
Kemudian
yang dimaksud softskill inter personal adalah kemampuan yg dimanfaatkan untuk
diri sendiri dan orang lain. Contohnya, kita mampu ber hubungan atau ber
interaksi dengan orang lain, bekerja sama dengan kelompok lain, dan lain lain.
Sedangkan
menurut Berthhall (Diknas, 2008) mendefinisikan soft skill sebagai “personal
and interpersonal behaviour that develop and maximize human performance (e.g.
coaching, team building, decision making, initiative).” merupakan tingkah
laku personal dan interpersonal yang dapat mengembangkan dan memaksimalkan
kinerja manusia (melalui pelatihan, pengembangan kerja sama tim, inisiatif,
pengambilan keputusan lainnya. Keterampilan lunak ini merupakan modal dasar
peserta didik untuk berkembang secara maksimal sesuai pribadi masing-masing.
Dari
banyaknya sifat softskill yang kalian ketahui salah satunya adalah COMPLICATION. Complication
merupakan suatu sifat yang dapat mengatasi suatu permasalahan yang terjadi di
dalam membuat laporan keuangan dan dapat mengambil suatu keputusan-keputusan
yang baik dan tepat dalam suatu permasalahan-permasalah yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar